Kamis, 16 Oktober 2014

Potensi ekonomi di Kabupaten Sragen pada sektor Pertanian


 

Postingan ini berisi tentang Potensi ekonomi di Kabupaten Sragen pada sektor Pertanian.

Sektor pertanian cukup dominan bagi perekonomian Kabupaten Sragen. Beberapa produk pertanian, yaitu padi, kacang tanah, dan mangga, berperan cukup signifikan bagi produksi komoditi tersebut di tingkat Jawa Tengah. Bahkan jumlah produksi mangga Kabupaten Sragen merupakan yang terbesar di Jawa Tengah.
Untuk tanaman bahan pangan, komoditi andalannya adalah padi, ubi kayu, dan jagung. Sedangkan kacang tanah, meskipun merupakan andalan daerah ini di tingkat propinsi, namun jumlah produksinya bukan tiga besar. Produksi tiga jenis bahan pangan ini relatif merata di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen. Namun terdapat kecamatan dengan produksi masing-masing bahan pangan terbesar, yaitu Kecamatan Sidoharjo sebagai kecataman yang terbesar memproduksi padi, Kecamatan Mondokan adalah produsen terbesar ubi kayu, dan Kecamatan Sumberlawang sebagai produsen terbesar jagung di Kabupaten Sragen. 
Salah satu andalan daerah ini di tingkat propinsi adalah komoditi buah-buahan terutama mangga. Produksi mangga juga merupakan yang terbesar dibanding komoditi buah-buahan lainnya di Kabupaten ini. Komoditi andalan lainnya adalah pisang dan melon. Kecamatan andalan untuk produksi mangga adalah Sumberlawang, andalan untuk produksi pisang adalah Sidoharjo, dan andalan untuk produksi melon adalah Sambung Macan. 

6 komentar:

  1. aduhhh tulisannya terlalu kecil mbak..pedess mata inii
    sama anda kan membahas tentang banyak komoditas tapi kenapa di gambarnya cuma gambar sawahh...wuuuwuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sebelumnya maaf kalau tulisannya terlalu kecil, mungkin dipostingan berikutnya bisa diperbaiki. terima kasih untuk komentarnya :)
      masalah gambar itu cuma mewakili dari banyak komoditas kak, gak berpengaruh sama postingannya :)

      Hapus
  2. postingannya udah bagus,ya lumayan menarik para pengunjung blog anda untuk kembali berkunjung,isi materi juga udah cukup jelas dan berbobot isinya ....

    BalasHapus
  3. Postingan sudah bagus dan materi cukup singkat dan padat. tapi tulisan kurang jelas dan terlalu kecil untuk dibaca.

    BalasHapus
  4. postingan yang bagus jadi lebih menambah wawasan tentang potensi pertanian di Kabupaten Sragen :))

    BalasHapus
  5. Postingan anda tentang potensi pertanian didaerah Sragen sudah bagus, hanya saja yang saya sayangkan kenapa banyak sekali lahan pertanian yang digusur untuk pembuatan jalan tol.

    BalasHapus