Jumat, 17 Oktober 2014

Pertanian Berbasis Kearifan Lokal



Kearifan lokal adalah dasar untuk pengambilan kebijakkan pada level lokal di bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam dan kegiatan masyarakat perdesaan. Pemberdayaan petani berbasis kearifan local adalah pengelolahan pertanian oleh petani dengan sumber daya alam yang ada dan melakukan kegiatan pertanian dari perdesaan atau daerah lokal.



Dan untuk memajukan petani perdesaan pemerintah harus membangun pola pikir yang maju untuk petani agar apa yang di harapkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan pertanian di daerah tersebut dapat maju dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan tidak membuang biaya dan tenaga. Petani pun dapat lebih berfikir maju walaupun hanya bertani di daerah asal, namun pertanian daerahnya dapat maju dan dapat membantu pemerintahan dalam masalah pangan yang semakin meningkat.

 Dalam pertanian tradisional, ada satu aspek penting yang disebut Kearifan Lokal/tradisional? Sistem kearifan lokal dalam bidang pertanian merupakan suatu pengetahuan yang utuh berkembang dalam budaya atau kelompok etnik tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara subsistem sesuai kondisi lingkungan yang ada.

Dalam kearifan lokal masyarakat setempat kita akan tahu kebutuhan pangan mereka tidaklah sepenuhnya bergantung pada beras. Kita mengenal istilah ?polo kependem? dan ?polo gumantung? sebagai tanaman pangan serta ditunjang dengan adanya keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan ekosistem mereka. ?polo kependem? sebagai bahan makanan yang ditanam dan berada di dalam tanah maupun diatas tanah tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan makanan utama atau makanan pendukung seperti sebagai berikut:
?Ubi jalar, ketela pohon atau umbi, jagung, kacang tanah, uwi, bothe, tales, suweg, mbuli, mbalu, dan lain-lain.


Informasi ini didapat dari berbagai sumber yaitu :

1. http://student-research.umm.ac.id/index.php/dept_of_agribisnis/article/view/1552

2.http://blog.umy.ac.id/devyayualytiana/2013/10/23/pemberdayaan-petani-berbasis-kearifan-lokal/

5 komentar:

  1. isinya siih baguss dan juga rapi...iyaa lahhh cuma copas kok :p wkwk

    BalasHapus
  2. udah bagus isisnya tampilan juga menarik,sumber juga jelas ,penjabarannya juga jelas gak muter2 ,udah oke pokoknya ...

    BalasHapus
  3. Isinya sudah bagus dan sudah menampilkan sumber dari postingan rujukan .

    BalasHapus
  4. nice post :))
    postingan ini bisa menambah wawasan dan bisa untuk refensi tugas nih :)

    BalasHapus
  5. Dengan adanya postingan ini mebuat para pembaca Blog anda semakin bertambah wawasannya.

    BalasHapus